Pondok Pesantren Al-Inayah

Pondok Pesantren Al-Inayah adalah lembaga pendidikan Islam swasta (non-pemerintah) yang bersifat nonprofit, ditujukan murni untuk berkhidmat kepada agama dan umat. Pondok Pesantren Al-Inayah terletak di Jalan Lesmana, Desa Perintis, Kecamatan Rimbo Bujang, Kabupaten Tebo, Provinsi Jambi. Didirikan pada tanggal 9 November 1997 di bawah asuhan KH. Muhammad Rifa’I Abdullah, S.Pd.I dan Nyai Hj. Sumiyati Khilyatun Hasanah, S.Pd.I., M.Pd. yang kemudian diperkuat dengan akta notaris: Ahmad Yani, No. 58, 12 Oktober 2002.

Dengan letak yang tidak terlalu dekat dan tidak juga jauh dari pusat keramaian, menjadikan Pondok Pesantren Al-Inayah tempat yang sangat strategis sebagai tempat pembelajaran karena tidak terganggu dengan keramaian kota, namun juga memudahkan para santri untuk memenuhi keperluan yang dibutuhkan, dikarenakan letaknya yang tidak terlalu jauh dari pusat perbelanjaan.

Dengan mengusung sistem pendidikan salafiah modern, mengkolaborasikan antara pengkajian kitab-kitab salafu saleh yang disampaikan dengan metode modern, juga dengan mengakomodir pendidikan formal sebagai sarana pembelajaran umum, sehingga para alumni nantinya mampu bersaing di kancah yang lebih universal setelah menyelesaikan jenjang pendidikan di Pondok Pesantren Al-Inayah. Dunia tidak ketinggalan dan akhirat pun tidak terlupakan.

Dengan visi “mencetak generasi muda ahli fikir, ahli zikir dan ahli ikhtiar yang handal serta terampil”, diharapkan nantinya akan tercipta insan-insan yang memiliki keterbukaan dalam berfikir kritis nan visioner, meneri perbedaan, kuat spiritual dengan senantiasa mengingat dan bermunajat kepada Allah SWT dalam segala hal, serta memiliki keteguhan dan semangat dalam berbuat dan berkhidmat, tidak hanya berpangku tangan.

Pengelolaan pendidikan dan pengajaran serta kegiatan santri sehari-hari dilaksanakan oleh para guru/ustadz dengan latar belakang pendidikan dari berbagai perguruan tinggi dan pesantren yang keseluruhan tinggal di lingkungan asrama dan secara penuh mengawasi serta membimbing santri dalam proses kegiatan belajar mengajar dan kepengasuhan santri.

Seiring dengan berjalannya waktu, kini Pondok Pesantren Al-Inayah dengan keikhlasan dan dukungan dari banyak pihak, lembaga ini terus berkembang, hingga saat ini memiliki 5 cabang di bawah Yayasan Pondok Pesantren Al-Inayah. Dengan terus berusaha untuk meningkatkan mutu pendidikan, pembangunan fisik, pengembangan dana dan mempersiapkan para kader untuk kemajuan jangka panjang lembaga pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat.

Visi & Misi

Visi:

Mencetak generasi muda ahli fikir, ahli zikir, ahli ikhtiar yang handal serta terampil.

Misi:

  1. Meningkatkan mutu pendidikan agama dan ekonomi melalui pengembangan sistem pembelajaran serta penigkatan sumber daya pendidikan yang bersifat kuantitatif dan kualitatif.
  2. Meningkatan kemampuan penguasaan materi kitab turats dengan pelaksanaan wajib belajar pendidikan dasar melalui pengembangan sistem pembelajaran.
  3. Memperkuat kerjasama dalam upanya pemberdayaan pendidikan pesantren dan mendorong pesantren agar lebih maju dalam mengaktualisasi potensi yang dimiliki secara optimal.
  4. Mengupayakan pemberdayaan santri melalui pengembangan bakat dan minat, baik di bidang agama, keterampilan, pertanian, perikanan dan wirausaha yang sedang diupayakan.

Tujuan Pondok Pesantren Al-Inayah

  1. Tujuan umum: meningkatkan kualitas pemahaman dan amal ibadah pada pribadi umat Islam yang mengacu pada keseimbangan iman, takwa, sosial serta ilmu pengetahuan dan teknologi.
  2. Tujuan khusus: meningkatkan kemampuan umat Islam di bidang keagamaan dalam rangka ikut serta mewujudkan persatuan dan kesatuan masyarakat yang agamis dan kuat iman takwanya kepada Allah SWT, serta memiliki rasa sosial yang tinggi di masyarakat.

Sumber Daya Manusia (SDM)

Pondok Pesantren Al-Inayah adalah lembaga pendidikan berasrama, semua santri yang menuntut ilmu di lembaga ini diwajibkan untuk mukim atau menetap di dalam asrama dengan pengawasan 24 jam.

Dengan pola pendidikan yang diterapkan, lembaga ini memerlukan sumber daya manusia yang tepat guna dalam pelaksanaan kegiatan belajar dan mengajar, maupun membimbing para santri di lingkungan asrama.

Tenaga pengajar tersebut disyaratkan sehat jasmani dan rohani, memiliki jenjang pendidikan minimal berlatar belakang pondok pesantren yang ditujukan agar dapat memberikan standarisasi pelayanan dan pola dasar pendidikan kepada para santri.

Pondok Pesantren Al-Inayah juga melaksanakan penyegaran untuk selalu meningkatkan mutu pendidikan dan pengajaran, baik berupa fasilitas pendidikan maupun dalam bentuk pelatihan jangka pendek atau berupa kunjungan ke lembaga-lembaga pendidikan lain guna mencari pelajaran dan masukan untuk perkembangan dan kemajuan pesantren.

Pondok Pesantren Al-Inayah lebih mengutamakan pendidikan daripada pengajaran, karena pendidikan tidak hanya mengasah daya fikir santri, tetapi lebih kepada pembentukan pribadi dalam seluruh hidupnya.

Pendidikan di Pondok Pesantren Al-Inayah lebih diarahkan kepada (1). Pendidikan kader-kader umat yang mampu dan terampil di tengah-tengah masyarakatnya, (2). Pembinaan generasi muda yang mampu melanjutkan studinya sesuai dengan bakatnya dan kelak tetap berada di tengah masyarakat dengan menjunjung tinggi amar ma’ruf nahi munkar, (3). Beribadah dan mencari ilmu karena Allah SWT.

Untuk meningkatkan mutu di bidang pendidikan dan pengajaran, selalu diusahakan dengan mengadakan seleksi calon guru, pelatihan dan penataran untuk peningkatan mutu guru, mencontoh lembaga pendidikan lain yang sudah maju dan selalu menerima saran dari berbagai pihak.

Jenjang Pendidikan Agama di Pondok Pesantren Al-Inayah

Guna mencapai tujuan dan harapan dari didirikannya Pondok pesantren Al-Inayah serta untuk mempermudah para santri dalam menguasai materi pembelajaran, maka pondok pesantren Al-Inayah menerapkan beberapa jenjang yang harus dirampungkan oleh para santri:

  1. Yanbu’a
  2. Amtsilati (Nahwu/Sharaf)
  3. Bahasa Arab
  4. Bahasa Inggris
  5. Bahasa Mandarin
  6. Pasca/kelas kitab
  7. Program Tahfidz

Pendidikan Umum yang berada di lingkungan Pondok Pesanten Al-Inayah

  1. RTQ
  2. PAUD
  3. MI/SD IT
  4. MTs
  5. SMP IT
  6. SMK
    • Akuntansi
    • Marketing
    • Multimedia
    • Otomotif

Fasilitas Pesantren

Untuk memenuhi serta mendukung berbagai kegiatan, baik untuk kebutuhan belajar mengajar, kegiatan sehari-hari, kegiatan ekstra kurikuler, kenyamanan santri, guru, wali santri serta orang-orang yang tinggal di lingkungan pesantren, maka Pondok Pesantren Al-Inayah dilengkapi fasilitas sebagai berikut:

1) Fasilitas Ibadah

Aula Utama sebagai sentral kegiatan para santri, guru, wali santri serta orang-orang yang tinggal di lingkungan pesantren yang digunakan untuk kegiatan pengajian dan tempat pertemuan santri yang berkenaan dengan ibadah dan kegitana lainnya.

2) Fasilitas Sekolah

Ruang kelas; yang terdiri dari ruang kelas Putra sebanyak 32 unit dan ruang kelas Putri sebanyak 45 unit kelas.

Perpustakaan.

Laboratorium; yang terdiri dari Laboratorium Bahasa (Arab dan Inggris) dan Laboratorium Komputer.

Ruang BK; sebagai tempat Bimbingan dan Konseling terhadap berbagai permasalahan santri.

Ruang Career Center; sebagai tempat para santri ber-konsultasi tentang kesempatan karir dan prospek belajar ke depan.

Ruang kepala sekolah, ruang guru dan ruang tata usaha sekolah.

3) Fasilitas Asrama

Gedung asrama; yang terdiri dari 8 unit gedung asrama Putra dan 11 unit gedung asrama Putri. Masing-masing gedung terdiri antara 5 – 6 kamar

Kantin ; terletak tersebar di beberapa lokasi pesantren

Ruang makan ; masing-masing asrama terdapat ruang makan dan setiap santri wajib menjaga kebersihan dan ketertiban ruangan tersebut

4) Fasilitas Pendukung

Berbagai fasilitas pendukung antara lain; ruang pertemuan, dapur umum, waserda, koperasi, lapangan olah raga, Taman Rimbo Wisata (TRW), perkebunan, laundry, Tours & Travel, tabungan santri serta taman-taman yang tersebar di sekitar lingkungan pesantren.