Nyai Hj. Sumiyati Khilyatun Hasanah, S.Pd.I., M.Pd.

Nyai Hj. Sumiyati Khilyatun Hasanah, S.Pd.I, M.Pd., lahir di Jepara, pada tanggal 12 Februari 1976 M. Beliau adalah istri dari K.H. M. Rifa’i Abdullah yang dinikahi pada tahun 1999 M. Beliau juga termasuk pendiri dan pengasuh Yayasan Pondok Pesantren Al-Inayah yang beralamatkan di JL. Lesmana, Desa Perintis, Kec. Rimbo Bujang, Kabupaten Tebo – Jambi. Para santri lebih akrab memanggil beliau dengan sebutan Umi. Sebagai figur yang kritis dalam pemikiran dan aktif dalam mengelola bidang pendidikan, agama, sosial, bisnis dan organisasi, membuat beliau sebagai figur yang patut untuk dijadikan tauladan oleh para santri/santriwati Al-Inayah, bukan hanya dari ilmunya, namun juga dari akhlak dan kesuksesan beliau dalam meniti karir.

PENDIDIKAN

Karir pendidikan Umi Hj. Sumiyati dimulai dari Sekolah Dasar Negeri 163 (sekarang menjadi SDN 073) Desa Perintis, Unit I, Rimbo Bujang, Bungo Tebo. Setelah selesai dari SDN 163 pada tahun 1990, beliau meneruskan pendidikannya di SMPN 1 Rimbo Bujang dan lulus pada tahun 1993. Setelah tamat dari SMP 1, Umi tidak lagi meneruskan pendidikan formalnya ke jenjang yang lebih tinggi lagi, yaitu tingkat SLTA, namun beliau mengenyam pendidikan agama di Pondok Pesantren Darul Hikam, Desa Sukadamai, Kecamatan Rimbo Ulu (yang kebetulan pada masa itu belum ada pendidikan formal di pesantren), di bawah asuhan K.H. Rifa’i Ahmad pada Tahun 1993-1996. Dengan semangat beliau dalam menuntut ilmu dan memperdalam ilmu agama (kitab kuning, Al-Qur`an & hadis), seselesainya mondok di Darul Hikam, beliau melanjutkan menimba ilmu di Pondok Pesantren Pancasila yang berada di daerah Jawa Tengah, tepatnya di Dusun Klumpit, Kelurahan Salatiga, Kecamatan Sidorejo, Kota Salatiga, yang diasuh oleh K.H. Muhlasin pada tahun 1996-1999. Sepulang dari Pondok Pesantren Pancasila tahun 1999, beliau menikah dengan K.H. M. Rifa`i Abdullah.  

Setelah menikah, semangat untuk menimba ilmu pun tidak redam begitu saja, pada tahun 2004 Umi melanjutkan pendidikan SLTA melalui Sekolah Paket C, dilanjutkan dengan kuliah di Kampus STIT Al-Falah, mengambil studi D2 dan S1, selesai tahun 2010, kemudian dilanjutkan dengan jenjang magister di Universitas Islam Attahiriyah Jakarta dan lulus pada tahun 2017.

AKTIVITAS DAN KEGIATAN

Selain sibuk dengan aktivitas Yayasan, beliau juga aktif dalam berbagai kegiatan keorganisasian dan juga sosial kemasyarakatan, baik pengajian, majelis taklim, kemasyarakatan atau acara keagamaan lainnya. baik tingkat jalur, desa, kecamatan maupun tingkat kabupaten.

Pada tahun 2005 beliau diangkat sebagai wakil ketua Muslimat tingkat Kecamatan Rimbo Bujang, ketua majelis taklim Desa Perintis pada tahun 2005 hingga saat ini, pembimbing Haji & Umroh tahun 2016 sampai sekarang, ketua BKMT Kecamatan Rimbo Bujang tahun 2017-2022, ketua Bidang Kerjasama BKMT Kabupaten Tebo tahun 2018-2023, dll.

Dalam dunia keorganisasian, beliau pernah menjabat sebagai ketua bidang pendidikan di organisasi PIAD (Perkumpulan Istri Anggota DPRD) Kabupaten Tebo tahun 2019-2024, ketua Kaukus Perempuan Politik Indonesia (KPPI) Kabupaten Tebo tahun 2020 sampai sekarang, ketua Perempuan Demokrat Indonesia Kabupaten Tebo tahun 2020 sampai sekarang, pembina Srikandi Pagar Nusa Kabupaten Tebo tahun 2020, ketua bidang pendidikan HMC (Hijaber Moms Comunity) Kabupaten Bungo dan Tebo.

Keaktifan beliau dalam kegiatan kemasyarakatan, keagamaan dan keorganisasian mengantarkan beliau sukses juga dalam dunia politik, terbukti dengan terpilih beliau selama dua periode sebagai Anggota DPRD Kabupaten Tebo periode 2014-2019 dan 2019-2024, menjadi Ketua Bapen Perda 2018-2019, dll.

Di samping banyaknya aktivitas serta kegiatan yang beliau jalani, beliau juga sebagai seorang Pengusaha yang sukses, diantara unit usaha yang beliau dirikan adalah Taman Rimbo Wisata (TRW). Dengan padatnya kegiatan serta aktivitas yang beliau miliki, namun semangat belajar dan berjuang itu selalu ada dan akan tetap ada dan berusaha untuk beliau tularkan kepada generasi muda, para colon pemimpin negeri melalui Motivator Pendidikan yang telah beliau geluti sejak tahun 2000 hingga kini.